Yamaha YZF R15 Terbaru Versi India

SALAM MODIFIKASI!

Kabar mengenai kemunculan YamahaYZF R15 2015 versi Indonesia oleh pihak YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) memang cukup banyak menyita perhatian para biker tanah air yang sudah lama menunggu kehadiran sang jagoan Yamaha ini. Memang motor ini sudah lebih dulu di luncurkan di Negara tetangg yakni India. Untuk versi India mesin dari motor ini memiliki kesamaan dengan Yamaha NVL hanya saja pada sudah di tambah 1 percepatan jadi 6, kan Yamaha Vixion Lightning kan 5 speed. Kenapa di bilang mempunyai mesin yang sama?. Karena jika di lihat spesifikasi mesin menunjukkan kapasitas mesin 149,8 CC, SOCH, 4 klep, menggunakan oil cooled dan memiliki ruang pada mesin sebesar 10,4:1 yang sedikit di bawah kompresi mesin Honda CBR 150 old.
Yamaha YZF R15 India
Yamaha R15 Terbaru India

Namun jika di lihat dari tenaga yang dapat di hasilkan dari dapur pacunya memang cukup memuaskan dengan mesin yang hampir sama dengan sang saudara namun tenaganya masih di atas yakni NVL sebesar 16,43 dk / 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm. Sedangkan Yamaha R15 India mampu memuntahkan tenaga sebesar 16,83 dk / 8.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 15 Nm / 7.500 rpm. Sekarang kita beranjak ke bagian selanjutnya yakni rangka. Pada bagian ini juga masih sama layaknya NVL, velg dan swing arm. Pada bagian velg sedikit berbeda pada ban belakang yang sedikit lebih besar dengan memakai ban ukuran 130 / 70 – 17. Juga bagian swing arm sudah menggunakan part yang terbuat dari bahan aluminium yang membuatnya Nampak kekar layaknya moge sejati.

Tapi berbanggalah menjadi anak Indonesia bro / sis. Karena di India sendiri peluncuran Yamaha R15 2015 ini kurang pas dengan body yang keren. Karena ada sedikit kekurangan yang di milikinya yakni seperti panel speedometer yang di padukan dengan stang model jepit yang minimalis sehingga lebih keren Yamaha New Vixion Lightning. Juga pada kunci kontak tidak ada magnet pengaman. Dan kembali kepada pernyataan di atas banggalah jadi anak Indonesia. Satu hal selanjutnya yang mendukung hal tersebut adalah karena adanya pernyataan General Manager promotion and Community Development PT YIMM mengungkapkan bahwa pada versi Indonesia belum tentu sama persis dengan yang ada di India melainkan ada penyesuaian ahir yang nantinya akan memuaskan konsumen. “Penyesuaian pasti ada lah. Namanya saja kita belum bisa tentukan.” Ungkap Eka prabowo selaku Manager PT YIMM.

Dan pada Yamaha YZF-R15 Indonesia nantinya akan lebih keren dengan penyempurnaan dan finishing yang sepertinya akan lebih oke di banding peluncuran di india. Kalau pada mesin dan rangka-nya akan memakai basis layaknya NVL, gimana dengan swing arm-nya?. Apakah akan menggunakan part berbahan aluminium seperti yang di sebutkan di atas taukah bakal sama dengan Yamaha Vixion 2015?. Jawabannya akan hadir di awal tahun 2015 nanti.

SALAM MODIFIKASI!